5 Kegiatan yang dapat Anda Lakukan di Rumah untuk Membantu Anda menjadi Pembicara Publik yang Lebih Kuat

5 Kegiatan yang dapat Anda Lakukan di Rumah untuk Membantu Anda menjadi Pembicara Publik yang Lebih Kuat

1.Berbicara di Depan Dinding

Tantang diri Anda untuk berbicara ke dinding selama setidaknya dua menit berturut-turut. Mengapa? Salah satu hal terbesar yang akan langsung menurunkan kepercayaan diri dan tingkat energi Anda saat berbicara kepada audiens adalah ekspresi wajah dan reaksi mereka. Meskipun, sebagian besar waktu, itu tidak ada hubungannya dengan Anda. Ekspresi wajah orang didasarkan pada pikiran mereka (yang jarang ada hubungannya dengan Anda) dan cara wajah mereka beristirahat.

Jika Anda dapat berlatih menyelesaikan seluruh percakapan, atau sebagian dari presentasi Anda, dengan tingkat energi dan volume yang sama dengan yang Anda harapkan untuk digunakan dalam kehidupan nyata, Anda akan menjadi ahli dalam melakukan presentasi atau pidato bahkan ketika audiens sedang tidak ada. tidak tersenyum kembali padamu.2.

2.Rekam diri Anda saat berbicara

Salah satu cara tercepat untuk membuat daftar tugas berbicara di depan umum adalah dengan melihat diri Anda sendiri berbicara. Pasang kamera dan rekam diri Anda berbicara selama beberapa menit. Saat Anda memutarnya, lupakan penilaian diri sendiri dan sebagai gantinya, mulailah menulis daftar perbaikan bahasa tubuh yang dapat Anda lakukan serta setiap gugup yang Anda miliki (mulai dari menyentuh rambut hingga menggunakan tics verbal). Pertama-tama tonton video kembali dengan volume dan kemudian tonton lagi dalam mode diam untuk melihat bagaimana komunikasi nonverbal Anda menambah atau mengalihkan perhatian dari pesan Anda secara keseluruhan.

3.Bicaralah di depan Cermin

Setelah Anda belajar dari menonton diri Anda sendiri di video, pergilah ke cermin. Berpura-pura melakukan percakapan, menjawab pertanyaan atau memberikan pidato 1 menit tentang apa yang Anda makan untuk makan siang. Saat Anda berbicara, fokuslah secara khusus pada ekspresi wajah Anda, karena itulah yang membantu memperkuat emosi Anda terhadap suatu topik. Cocokkan ekspresi wajah Anda dengan nada bicara Anda sehingga dapat membantu menyampaikan pesan Anda dan menarik perhatian audiens Anda.

4.Tonton video yang bagus

Beristirahatlah dari menonton diri Anda sendiri dan kunjungi YouTube atau TED Talk. Saat Anda menonton pembicara yang kuat dan profesional lainnya, mulailah memilih apa yang mereka lakukan dengan suara dan bahasa tubuh mereka untuk menarik perhatian Anda dan menarik Anda masuk. Temukan lima hal yang telah mereka lakukan dengan baik yang dapat Anda mulai masukkan ke dalam sesi latihan di rumah Anda .

 

5. Start to count your ‘umms’

Jadikanlah tujuan baru bahwa setiap kali Anda berbicara dengan orang lain di telepon atau dengan seseorang yang tinggal dengan Anda, Anda tetap sadar tentang berapa kali Anda menggunakan kata-kata verbal dan kata pengisi (seperti: umm, uhh, so, like, sebenarnya, dll.). Ini akan membantu Anda memperhatikan pilihan kata Anda dan frekuensi berapa banyak dari kata-kata tersebut yang tergelincir ke dalam kalimat Anda. Ingin menyingkirkan semuanya bersama-sama? Lakukan kontak mata saat Anda berbicara. Itu akan membantu Anda fokus dan menggunakan lebih sedikit kata-kata ini. Jika Anda sedang berbicara di telepon, bicaralah dengan kecepatan yang lebih lambat sehingga Anda dapat mengontrol diri sendiri saat hendak mengucapkan kata um.

 

sumber tulisan : https://www.businessinsider.com/5-activities-at-home-to-become-a-stronger-public-speaker-2020-3?r=US&IR=T#5-start-to-count-your-umms-5

sumber gambar : https://id.pinterest.com/pin/366480488434683230/

 

*****

Confidence & Charisma